Senin, 10 Maret 2014

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM BERMAIN BADMINTON



1.  Pemanasan (Warming up)

  • Sebelum memulai permainan bulutangkis alangkah baiknya kita melakukan pemanasan dulu, melemaskan otot-otot, rilek-rilek mulai kaki, tumit, tangan, jari, lengan, pergelangan tangan sampai pinggang sekitar ± 15 menit, setelah itu masuk ke lapangan.
2.  Sepatu Bulutangkis (Wear)


  • Dalam memilih sepatu bulutangkis sebaiknya yang harus kita perhatikan ialah kenyamanannya dan memiliki permukaan tapak dengan bahan karet karena akan lebih kuat menempel dan tidak licin di lapangan (bukan sepatu Jogging).
3. Kondisi Lapangan Bulutangkis (Course Condition)


  • Sebelum main alangkah baiknya kita perhatikan kondisi lapangan badminton tersebut. Apakah Lapangan bulu tangkis terbuat dari kayu, karpet, semen. Kalau dari kayu dan karpet biasanya air keringat yang jatuh bisa membuat Anda terpeleset, jika dari semen biasanya sih pasir /batu kecil sebaiknya dibersihin atau dibuang dulu lumayan kalau kena tumit dan sebaiknya sebelum main diperhatikan dulu kebersihan lapangannya.
4. Gerakan tubuh

  • Bermain bulutangkis membutuhkan irama gerakan tubuh untuk menggerakan shuttlecock dari mulai dropshot, smash atau serve dan latihan otot terlebih dahulu sebelum memulai permainan.
5. Permainan Ganda (Hati-hati dengan raket teman Anda)


  • Permainan ganda dalam bulutangkis kita harus berhati-hati, jangan main ambil aja bola temen bisa -bisa cidera kena pukulan raket dari teman satu tim apalagi ngadu raket, bagi pemain profesional ini kemungkinan kecil sekali terjadi, tapi bagi yang amatir apalagi sebelumnya harus berhati-hati aja. Sebelumnya baca dulu gerakan teman Anda, beri aba-aba untuk memberitahu teman Anda.
6. Pereggangan (Streching)


  • Perenggangan ini sangat penting seusai bermain bulutangkis alangkah baiknya bila kita selesai bermain regangkan kaki dulu, duduk di lantai dengan posisi kaki lurus sejajar dengan lantai, lalu lemaskan otot terutama bagian kaki dengan memijat-mijat kecil bagian paha dan betis agar rilek. Hati-hati jangan duduk bersila dulu atau menekuk kaki, karena itu bisa menyebabkan keram dan itu bisa menghambat pembuluh darah.
………………….SELAMAT BERMAIN………………….

0 komentar:

Posting Komentar